Kamis, 30 Juli 2009

TENTANG AL-KINDI ISLAMIC SCHOOL



Al-Kindi Islamic School adalah sebuah sekolah Islam terpadu Nasional-Plus yang menawarkan standar pendidikan yang islami, bertaraf nasional dan international secara integrasi. Sekolah ini pun terpancar dari seorang sosok Al-Kindi yang mempunyai nama lengkap yaitu Abu Yusuf Ya’qub bin Ishak bin Sabah bin Imran bin Ismail bin Muhammad bin Al-Asy’ats bin Qais Al-Kindi, seorang filosof muslim arab yang tangguh, cerdas, menguasai 3 bahasa dan terkenal dengan pemikirannya pada abad pertengahan. Ia menguasai berbagai ilmu pengetahuan, bukan saja ilmu agama tetapi juga ia mampu mengembangkan ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu kedokteran, filsafat, logika, ilmu hitung, musik, astronomi, geometri, medis, astrologi, dialektika, psikologi, politik dan meteorologi. Begitu banyak karya yang sudah ditorehkan bagi kemajuan ilmu-ilmu pengetahuan. Belum lagi dengan para pemikir-pemikir Islam lainnya, seperti Ibnu Sina (980-1037 M), untuk Ilmu Kedokteran, dikenal sebagai "Bapak Pengobatan Modern". Al Khawarizmi (780-840 M) untuk Ilmu Aljabar dan Algoritma, dikenal sebagai "Bapak Aljabar" dia adalah seorang pakar dalam bidang Matematika, Astronomi dan Geografi. Jabir Ibn Haiyan (750-803 M) untuk Ilmu Kimia, dikenal sebagai Bapak Ilmu Kimia Dunia. Ibnu Khaldun lahir tahun 732 H, untuk ilmu Sosial dan Kemasyarakatan, dan Ilmu Ekonomi oleh Abu Ubaid (838 M).
Ini membuktikan bahwa Islam pernah mempunyai begitu banyak para pemikir yang bukan saja paham dalam agama, tetapi jika mampu mengembangan dan menemukan ilmu pengetahuan lainnya. Al-Kindi islamic School berupaya untuk membuat hasil lulusan (Output) yang bisa diterima di universitas atau perguruan tinggi tingkat nasional bahkan international. Peserta didik mampu menguasai berbagai ilmu pengetahuan, disamping ilmu agama yang amat penting bagi seorang muslim yang ditopang dengan keimanan yang amat kuat, juga mampu bersaingan di era globalisasi dan modern seperti sekarang ini. Dengan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap yang dapat menunjung peserta didik untuk mengksplorasi dirinya, melakukan eksperimen, analisa terhadap fenomena, dan mengasah lifeskillnya.
Untuk bidang kurikulum agama kami juga bekerjasama dengan universitas Al-Ahgaff, Hadromaut, Yaman. Didirikan oleh Al Allamah l Habib Abdullah bin Mahfudz Al Haddad Mufti Provinsi Hadramaut. Di provinsi ini kaya akan peradaban Islam dan semarak dengan ilmu pengetahuan.Sejak silam orang-orang telah datang dari berbagai penjuru negeri untuk menuntut ilmu di tempat ini, hingga bermunculanlah ulama-ulama besar yang menyebarkan Islam ke berbagai negara termasuk Negara Indonesia tercinta.
Al-Kindi Islamic School berupaya mengembangkan menjadi sekolah masa depan yang berbasis ICT (Information Communication and Technologi) secara riil. Artinya seorang peserta didik akan terfasilitasi kebutuhan belajarnya dengan sarana ICT yang ada, seperti halnya berkomunikasi langsung via internet dengan pakar sains biologi saat sang pembelajar berada di Kebun Binatang sambil secara aktif melaporkan aktivitas pengamatannya melalui note-book komputer yang ada di tangannya, sementara pembelajar yang berhalangan hadir mengikuti studi ekskursie di lapangan, dapat menggunakan fasilitas ICT sehingga seolah-oleh dirinya juga sedang berada di hutan atau kebun binatang sebagai "habitat" dari objek biologi yang dipelajari’.
Al-Kindi Islamic School juga akan memulai dan mengembangkan proyek One Laptop per child, bagi setiap peserta didik akan memiliki laptop untuk pembelajaran, khususnya mereka yang duduk di bangku SMP dan SMA. Proyek ini adalah sebuah program penyediaan laptop dengan harga terjangkau untuk anak-anak di Al-Kindi Islamic School, dengan harapan bahwa mereka dapat mengakses pengetahuan dan pendidikan modern melalui ICT, sehingga tidak terjadi kesenjangan Digital.

0 komentar:

Posting Komentar