Kamis, 30 Juli 2009

KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH (SMP/SMU)



Sekolah menengah dibagi menjadi dua bagian, yaitu SMP (kelas 7-9) dan SMA (kelas 10-12). SMP bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman beragam untuk mengembangkan kemampuan dan sikap mereka. Dari pengalaman-pengalaman terbentuk dasar pengetahuan yang kokoh untuk melanjutkan studi mereka di tingkat SMA.

Mata pelajarannya

• Tahfidz
Pelajaran Tahfidz di tingkat SMP ditargetkan 10 juz bagi siswa yang telah menyelesaikan target 10 juz pada tingkat SD, kemudian di tingkat SMA hafalan 10 Juz. Lulus dari Al-Kindi maka ia hafiz 30 Juz.
• Bahasa Arab
Pelajaran bahasa Arab meliputi kemampuan membaca menulis dan berbicara. Belajar nahwo sorof dasar dan belajar mengkaji dan membaca kitab kuning para ulama.

• Pendidikan Agama Islam
Pendidikan agama Islam menjadi dasar pengajaran di Al-kindi dan juga dasar pembentukan karakter. Pembelajaran dapat dilakukan di ruang kelas, ruang multimedia, pekarangan sekolah atau di dalam masjid. Juga dalam kegiatan sehari-hari siswa melalui pengalaman hidup berjamaah dalam komunitas islami dimana penerapan nilai-nilai Islam sangat ditekankan. Disamping itu, siswa dibiasakan shalat Zuhur berjamaah, kultum (kuliah tujuh menit) dan ibadah ritual lainnya. Mereka diajarkan dan diberi pemahaman tentang ajaran Islam dan nilai-nilai keislaman melalui kajian Al Qur’an dan kehidupan Nabi Muhammad SAW.
• Bahasa Inggris
Pelajaran ini memberikan siswa latihan berbicara (komunikasi lisan), mendengar, membaca dan menulis sebagai sarana baginya untuk mengembangkan diri dan menumbuhkan kapasitas global. Pembelajaran Bahasa Inggris juga didampingi oleh native speaker yang handal dan berpengalaman
• Matematika
Pelajaran Matematika memberi siswa pemahaman tentang dasar-dasar berhitung dengan penekanan kepada penguasaan berpikir logis, memahami pola dan kemampuan memecahkan berbagai soal. Penguasaan terhadap dasar-dasar matematika ini sangat fundamental bagi pengembangan pengetahuan dan kehidupan siswa di masa datang



• Sains
Pelajaran Sains memberi siswa pemahaman tentang sains dalam kehidupan sehari-hari dan alam semesta tempat mereka tinggal. Pelajaran sains ini dimaksudkan untuk membangun rasa ingin tahu siswa dan kemampuan eksplorasi. Dibantu dengan ruang multimedia sehingga akan menambah ketertarikan siswa.

Pendidikan Ilmu Sosial dan Lingkungan
• Ekonomi/perdagangan
Pengantar bagi pelajaran akuntansi, manajemen bisnis, pemerintahan hukum dan masyarakat, ilmu ekonomi serta berbagai masalah kontemporer di media.
• Sejarah
Pelajaran sejarah memberi siswa pemahaman tentang pembangunan negara dan masyarakatnya sehingga sampai di dunia modern seperti sekarang ini. Pelajaran ini bertujuan untuk membangun keahlian meneliti dan investigasi siswa serta untuk memunculkan rasa ingin tahu mereka tentang masa lalu.
• Geografi
Pelajaran geografi bertujuan memberi siswa pemahaman tentang keadaan fisik dan sosial lingkungan dimana manusia hidup saat ini. Tujuannya untuk membangun keahlian meneliti dan investigasi, mengajarkan keahlian pemetaan dan pemaparan/presentasi grafis serta memberi kesadaran yang lebih tentang keadaan dunia sekitar mereka



• Teknologi infomasi
Siswa diperkenalkan kepada komputer sejak usia dini. Dengan menggunakan ICT siswa bisa belajar dan bertukar pikiran dengan para pakar sains atau siswa lainnya dibelahan bumi ini. Mereka juga diajarkan kepada keahlian menggunakan Word, excel, photoshop, membuat blogger, powerpoint, frondpage dan program multimedia lainnya.
• Pendidikan Seni
Pelajaran Seni bertujuan untuk memberi pengantar umum tentang seni, keterampilan dan grafika sebagai wahana untuk mengembangkan minat dan bakatnya.
• Pendidikan Olah Raga
Menjadikan peserta didik yang sehat, jasmani yang kuat. Sehingga mampu tampil prima. Seperti jenis oleh raga renang, sepak bola, pencak silat dsb.

0 komentar:

Posting Komentar